Grafik Harga Dinar dalam Rupiah dan Dollar

grafik harian

Performa Harga Dinar dalam Jangka Pendek & Panjang

Senin, 10 Oktober 2011

Dinaria (Episod 005) : Panca Program Untuk Rakyat


Oleh Muhaimin Iqbal (geraidinar.com)

Sungguh tidak mudah untuk menampung aspirasi rakyat yang jumlahnya bermilyar, terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama, menyebar di seantero bumi dan dengan berbagai kesenjangan yang luar biasa dibidang  ekonomi, social  dan budaya. Tidak mudah untuk memilih dan memilah mana yang harus ada ( must have) dan mana yang sebaiknya ada (nice to have), tidak mudah pula menyatukan aspirasi yang bisa saling bertentangan satu sama lain. Tetapi justru di sinilah mengapa masyarakat dunia memerlukan pemimpin sejati – yang sudah sejak berabad-abad tidak ada lagi dijumpai di  muka bumi ini.

Setelah bermusyawarah dengan tujuh menterinya yang keseluruhannya telah mempersiapkan tugasnya masing-masing secara seksama, maka sang pemimpin mensarikan dan merangkai seluruh program kerja kedalam lima program saja. Pertimbangannya adalah bila terlalu banyak akan sulit dipahami rakyat, sulit diukur dan dipantau – sehingga sulit pula untuk dinilai apakah sesungguhnya pemerintahan negeri baru ini berjalan atau tidak.

Dengan hanya memiliki 5 program saja yang kemudian disebut dengan Panca Program, Key Performance Indicators (KPI) menjadi jelas, mudah diingat dan mudah diukur. Dengan teknologi jaringan yang sudah sangat maju di jaman ultra modern saat itu, 5 KPI ini dapat disaksikan secara real time – day to day – oleh seluruh rakyat di muka bumi.  5 KPI untuk mengukur kinerja Panca Program pemerintah-pun dapat di - drill down atau di uraikan untuk masing-masing wilayah, masing-masing program kerja dst.  

Panca Program ini menjadi semacam janji atau komitmen pemerintah untuk rakyatnya, rakyat bisa menagih janji ini kapan saja kepada pemerintahnya  bila ada hal yang tidak terpenuhi atau dilanggar.  Panca Program ini adalah sebagai berikut :

Menjaga Keimanan

Pemimpin negeri akan menjamin bahwa ajaran agama bisa disosialisasikan di seluruh negeri, tetapi tidak boleh ada paksaan kesiapapun dan dari manapun. Rakyat bisa memilih untuk memeluk agamanya setelah semua informasi sampai kepadanya tanpa adanya halangan.

Segala bentuk penghalang dakwah harus dapat dihilangkan, dan rakyat dilindungi untuk dapat memeluk agamanya dan melaksanakan ajaran-ajaran agamanya secara maksimal.

Menjaga Keselamatan Jiwa

Pemimpin negeri akan berusaha maksimal untuk mengamankan jiwa rakyatnya di seantero bumi dari segala bentuk ancaman. Potensi-potensi ancaman terhadap jiwa rakyat diidentifikasi dan diatasi.

System berbasis teknologi informasi yang sudah dapat menjangkau seluruh permukaan bumi di jaman itu dimanfaatkan untuk menjadi instrument deteksi dini untuk setiap masalah yang bisa mengancam jiwa penduduk negeri.

Menjaga Kemerdekaan Berpikir

Pemimpin negeri menjamin tidak akan ada rakyat yang tertindas yang tidak bisa mengutarakan pikiran-pikirannya. Pemikiran yang rusak  yang merugikan orang lain diluruskan dengan pemikiran yang mengarah kepada kebaikan.

Negeri akan memfasilitasi berkembangnya pemikiran yang sehat, dengan pendidikan sejak dini untuk memahamkan raktyat tentang undang-undang kehidupan – yang juga merupakan petunjuk yang sangat detil untuk seluruh aspek kehidupan – yang datangnya dari Sang Pencipta itu sendiri.

Menjaga Kehormatan

Seluruh rakyat akan dilindungi kehormatannya sehingga tidak ada satupun penduduk negeri atau bagian dari wilayah negeri mendlalimi satu sama lain. Tidak boleh ada perbudakan manusia atas manusia lain dalam bentuk apapun di seluruh wilayah negeri.

Menjaga Harta Rakyat

Pemerintah akan melindungi harta rakyat dari segala bentuk ancaman, baik berupa ancaman penurunan nilai karena inflasi ataupun ancaman pengambilan harta yang tidak secara hak oleh siapapun dengan cara apapun.

System yang memberi peluang pencarian harta yang adil bagi siapapun akan terus dikembangkan, sebaliknya system yang menimbulkan ketimpangan dalam kesempatan mencari harta  akan terus dicegah keberadaannya.


Setelah Panca Program ini diformulasikan, seluruh need and wants rakyat di seantero dunia di masukkan ke salah satu dari lima program tersebut diatas – yang paling sesuai. Tidak ada satupun keinginan atau kebutuhan yang tidak bisa masuk ke salah satu dari lima program ini.

Untuk mengatasi satu milyar rakyat yang lapar di seluruh dunia misalnya, kelima program tersebut diatas bisa terangkai dalam satu solusi yang paripurna. Rakyat diberi kesempatan bekerja yang sama sehingga mampu menghidupi diri dan keluarganya, kehormatannya akan terjaga dari meminta-minta, pikirannya tidak lagi tertindas oleh para rentenir, penjajah dan sejenisnya, jiwanya-pun aman dan merdeka dan dia bisa menjaga keimanan dan beribadat sesuai keyakinannya.

Untuk menjamin pelaksanaan Panca Program ini, rakyat dilibatkan dalam memberikan umpan balik pencapaiannya sehingga kinerja pemimpin dan para pembantunya dapat setiap saat diketahui oleh rakyat maupun oleh para pemimpin itu sendiri.  Sekali lagi teknologi informasi dan social media yang saat itu telah berkembang sedemikian rupa – membuatdashboard KPI pemerintahan negeri bukan lagi menjadi sesuatu yang tersembunyi.

(Bersambung)



Informasi lainnya klik :
Gerai Dinar Pekalongan Blogger - Gerai Dinar Pekalongan Wordpress Gerai Dinar Pekalongan Facebook  - Gerai Dinar Pekalongan Twitter 

0 comments:

Posting Komentar